ChanelMuslim.com – Laskar Sedekah Chapter Surakarta kembali menggelar Program Belanja Bareng Anak Yatim (Bebrayat) untuk kedua kalinya dengan mengajak anak-anak ke hypermarket di kawasan Pabelan Surakarta pada Ahad pagi (29/1).

Hudi Hariyanto sebagai Penanggung Jawab Program Bebrayat LS Surakarta mengatakan bahwa Laskar Sedekah Surakarta sebagai komunitas yang cinta dan peduli kepada yang membutuhkan, kembali mengadakan Program yang bertajuk Bebrayat Part 2 atau Belanja Bareng Anak Yatim. Program ini dengan mengajak Anak Yatim usia SD sebagai sasaran program.

“Program Bebrayat Part 2 ini adalah program rutin sebagai lanjutan dari Grand Launching Bebrayat yang sudah kami adakan bulan September tahun lalu dan diadakan oleh Laskar Sedekah (LS) chapter Surakarta,” jelas Hudi kepada chanelmuslim.com.

Bebrayat Laskar Sedekah Surakarta

Tujuan dari program ini, lanjut Hudi adalah untuk menyenangkan hati Anak Yatim. Selain itu membantu memenuhi kebutuhan anak yatim, pembelajaran untuk memprioritaskan kebutuhan, edukasi manajemen keuangan, serta meningkatkan kepedulian anak yatim terhadap keluarganya.

“Pada Bebrayat Part 2 hari ini kami mengajak 37 anak yatim/piatu/dhuafa yang berasal dari Kota Surakarta dan sekitarnya untuk berbelanja”, ungkap Hudi.

Setiap anak yatim di dampingi oleh 1 orang anggota LS Surakarta sebagai pendamping selama program berlangsung.

Tugas dari pendamping adalah mendampingi serta membantu anak yatim memilih barang yang akan dibeli. Antusiasme anggota LS sebagai pendamping dalam acara ini sangat besar. Kesan kesan pun timbul setelah selesai mendampingi anak yatim selesai berbelanja.

“Alhamdulillah, saya diamanahi untuk mendampingi anak yatim yang luar biasa. Anak Yatim yang saya dampingi tidak ingin membeli barang barang yang aneh aneh. Dia membeli barang sesuai kebutuhan sehari hari yang memang sangat dibutuhkan di keluarga seperti sabun, pasta gigi, gula, dll. Harapannya kegiatan ini bisa rutin diadakan dan bisa mengajak anak yatim dengan jumlah lebih banyak lagi” cerita Fibri Dwi Astuti, seorang anggota LS Surakarta yang kali ini bertugas mendampingi anak yatim.

Anak yatim yang diajak belanja pun merasakan senang ketika mengikuti program ini.

“Saya senang pada hari ini diajak belanja. Tadi saya membeli gula dan minyak goreng yang akan saya berikan ke ibu di rumah. Untuk saya sendiri, saya membeli alat tulis untuk sekolah besok” ungkap Rendra Saputra (7 th), salah satu peserta Bebrayat.

Melihat antusiasme Program Bebrayat yang sudah terlaksana selama 2 kali, LS Surakarta akan mengadakan kembali  dan menjadikan program ini sebagai program rutin 4 bulan sekali.

(jwt/LS)

Sumber: https://www.chanelmuslim.com/lifestyle/laskar-sedekah-surakarta-belanja-bareng-anak-yatim/41076/