79df3a5c-8561-428d-8f8a-589f2c788c26

Dengan bersedekah maka kita bermental kaya, itulah slogan komunitas sosial independent kami  (Laskar Sedekah) sekaligus tema Pengajian Akbar bersama Ustadz Yusuf Mansur (16/01/16) di Pendopo STPN Yogyakarta. Beliau menjelaskan bahwa kemampuan memberi adalah kemampuan dasar manusia yang diberikan Allah SWT. Namun bukan berarti semua kemampuan memberi itu baik, dan tidak berarti pula meminta itu buruk. Contoh: jika seorang majikan menggaji karyawannya dengan uang haram hasil korupsi, jelaslah itu tidak baik. Lalu meminta yang bagaimanakah yang tidak buruk itu ? Ya seperti yang dilakukan oleh Laskar Sedekah dan komunitas sosial lain yang meminta masyarakat untuk bersedekah menyisihkan sedikit rizkinya untuk membantu umat yang membutuhkan.

Sedekah memang memiliki banyak fadhilah yang sulit dinalar secara logika. Sehingga banyak masyarakat awam kurang memahami hal tersebut. “Sebanyak apapun sedekah yang kita keluarkan tidak akan mengurangi harta kita, tetapi sebaliknya membuat harta berlipat-lipat. Mana ada sedekah yang tidak dibalas oleh Allah SWT ?” tambah ustadz Yusuf Mansur. Itulah matematika Allah, matematika sedekah, dan janji pasti Allah yang akan selalu melipat gandakan sedekah itu berkali-kali lipat.

d78dabef-09d3-4cc3-9a64-1dd8702c6167

Di akhir tausiyahnya, Ustadz Yusuf Mansur berpesan kepada Laskar Sedekah secara khusus dan kepada seluruh penggerak sedekah maupun kepada masyarakat pada umumnya bahwa  Allah SWT akan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Jadi, jangan kecewa ataupun putus asa ketika apa yang kita lakukan mendapat respon buruk dari masyarakat. Karena tak semua kebaikan yang kita lakukan dipandang baik pula oleh orang lain. Niatkan segala sesuatu karena Allah. Tetaplah rendah hati menjadi penggerak sedekah karena Allah, karena kesombongan hanyalah milik Allah SWT.

6790d49a-86ec-4738-a29e-863a2dc0013d

Alhamdulillah, di penghujung acara kami tutup dengan Launching Program Wakaf 1 Juta Al-Qur’an untuk Indonesia dan Peresmian Tahfiz Qur’an STPN yang diresmikan langsung oleh Ustadz Yusuf Mansur. Semoga program tersebut memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia. Aamiin.

Terimakasih pula kepada Waroeng Group, Mangrove Printing, STPN, dan berbagai pihak atas dukungan dan kerjasamanya dalam menyelenggarakan acara tersebut. (Z)