Ramadhan, bulan ketika malam seribu bulan bersemayam penuh makna kini telah berakhir, berganti dengan Syawal yang penuh kemenangan. Tentu, kemenangan itu hanya diraih orang-orang yang telah berjuang, bukan? Siapa yang bisa menang hanya dengan berpangku tangan tanpa melakukan usaha sama sekali?

Perayaan kemenangan di bulan Syawal ini tentu hanya milik seluruh umat yang mendedikasikan waktunya sebulan ini untuk bersusah payah menahan diri dari setiap syahwat, mengupayakan ibadah-ibadah, menghidupkan malam dengan munajat, dan mengulurkan tangan berbuat baik.

Namun, perlu kita renungkan; apakah cukup sampai di sini saja? Oh, tidak. Perjuangan sebulan ini hanyalah sebagian kecil, hanyalah sampel dari perjuangan yang akan kita lalui sebelas bulan berikutnya. Barangkali kita bisa memaknai yang sedikit ini dengan amal-amal jama`i, bukan lagi amalan yang dilakukan sendiri-sendiri seperti bulan-bulan lainnya. Tentu bersama akan lebih indah, bukan? Karena seperti itulah, perlu kiranya kita membangun amalan yang dilakukan bersama-sama untuk saling menguatkan, saling mengingatkan, dan saling-saling lainnya sehingga apa yang kita lakukan bisa menjadi amalan yang da`iman, langgeng, meskipun tak banyak.

Akhirnya, kami keluarga besar Laskar Sedekah mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallaahu minna wa minkum, shiyaamanaa wa shiyaamakum, minal `aa’idizin wal faa’izin.

#Laskarsedekah
#sedekahonline
#sedekah